Kamis, 20 Maret 2014

Informasi Beasiswa di Universitas Al-Ahgaff Yaman



Gedung kampus Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Al-Ahgaff Yaman
Gedung kampus Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Al-Ahgaff di kota Tarim,
Provinsi Hadhramaut, Republik Yaman. (Foto: Faizin/Brebes)

Universitas Al-Ahgaff adalah perguruan tinggi swasta yang berpusat di Mukalla, ibu kota provinsi Hadhramaut, Republik Yaman. Hadhramaut sendiri merupakan salah satu provinsi yang kaya akan peradaban dan semarak dengan ilmu pengetahuan.
Kantor rektor dan semua fakultas universitas berada di kota yang berada di ujung semenanjung Arab ini. Hanya Fakultas Syariah saja yang berada di kota Tarim. Hal ini dilakukan guna terwujudnya pendidikan syariah yang tidak hanya diperoleh dari bangku kuliah saja, namun juga didapat melalui lingkungan yang religius dan bertuah.
Tarim—kota terbesar di Hadhramaut—sejak dahulu hingga sekarang dikenal sebagai kota ilmu dan ulama. Oleh karena itu, pada tahun 2010 lalu, kota tempat nenek moyang para wali songo ini dinobatkan sebagai Kota Budaya Islam oleh organisasi ISESCO (Islamic Educational, Scientific and Cultural Organization).
Faktor sosial-budaya di kota Tarim sangat mendukung untuk dijadikan sebagai tempat mendalami ilmu agama. Apalagi hal tersebut didukung faktor sejarah yang mencatat bahwa dari sinilah Islam di beberapa belahan dunia (seperti Asia dan Afrika) disebarkan dan berkembang pesat tanpa kekerasan dan teror berkat kegigihan, keikhlasan, keilmuan dan budi pekerti mulia para tokohnya dalam berdakwah.
Universitas Al-Ahgaff berdiri sebagai langkah nyata dari gagasan para ulama terkemuka dan dipelopori oleh (almarhum) Habib Abdullah bin Mahfudz Al-Haddad (Mufti Hadhramaut kala itu), demi membangun sarana pendidikan yang bermutu bagi masyarakat muslim dunia dengan pola pendidikan yang mampu mencetak sarjana muslim yang prospektif dan mumpuni dalam segala aspek kehidupan berasaskan ruh islami berhaluan pemahaman Ahlussunnah wal Jamaah.
Universitas ini resmi didirikan pada tahun 1994 melalui SK Menteri Pendidikan No.5 tanggal 8 Februari 1994. Pada tahun 1995 Universitas Al-Ahgaff resmi menjadi anggota Persatuan Universitas Liga Arab dan menjadi anggota Asosiasi Universitas-Universitas Islam.
Tahun 2014 ini, Universitas Al-Ahgaff kembali memberikan beasiswa dan membuka pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru dari berbagai negara, termasuk Indonesia—yang jumlahnya tidak dibatasi. Dan perlu diketahui, bahwa beasiswa ini murni dari universitas, bukan dari Pemerintah Yaman seperti anggapan sebagian orang.
Prof. Dr. Habib Abdullah Muhammad Baharun, MA—Rektor Universitas Al-Ahgaff Yaman. (Dok. Pribadi)


Syarat-Syarat Pendaftaran
1. Mengisi formulir pendaftaran.
2. Menyerahkan fotokopi ijazah SMU/MA/sederajat (2 lembar) dengan nilai akumulasi rata-rata minimal 7,5.
3. Ijazah tidak lebih dari tiga tahun.
4. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 4 x 6 latar belakang putih (4 lembar).
5. Membawa surat pengantar dari pondok pesantren atau sekolah.
6. Bagi yang ijazahnya belum keluar, maka dapat dengan menyerahkan fotokopi rapor kelas 10, 11, dan 12 yang telah dilegalisasi dari pihak sekolah.

Jadwal Ujian dan Mekanisme Pendaftaran
Pendaftaran dibuka mulai awal April 2014 dan berkas harus sudah diterima Kantor Pusat Universitas Al-Ahgaff di Indonesia melalui pos, jas titipan kilat, atau email paling lambat 7 hari sebelum waktu ujian dimulai. Pengumuman hasil tes dapat dilihat di website kami: www.ahgaff.edu atau Grup Facebook Yayasan Al-Ahgaff Indonesia, selambat-lambatnya tanggal 10 Juni 2014.

Jadwal, Lokasi Tes dan Narahubung (Contact Person)

1. Tanggal 01 Mei 2014 (Putra & Putri)
PONPES ARRIYADH
No.59, 13 Ulu Palembang, Sumatera Selatan.
> Habib Zein Alhabsyi: 081367712320
> Ustaz Mustamiruddin, M.H.I., Lc: 081373957681

2. Tanggal 04 Mei 2014 (Putra & Putri)
YAYASAN PENDIDIKAN NURUL IMAN MONTONG BAIK
Jl. Jurusan Praubanyar Otak Kokok Montong Baik, Kec. Montong Gading, Kab. Lombok Timur.
> Ustaz Drs. Abdillah Hasan Assegaf: 087865087904/981547100100
> Ustaz Abdul Aziz Bin Agil: 081803705558
> Ustaz H. Ahmad Rosihan, Lc: 081918181812

3. Tanggal 07 Mei 2014 (Putra & Putri)
PONPES ALKHAIRAAT KAMPUS MADINATUL ILMI DOLO
Jl. Tras Pal Kulawi, Km.11 Sulawesi Tengah. Telp. (0451) 483807 Fax: 482534
> Ustaz Citrawan, Lc: 085256380038
> Ustaz Asghar Korona, Lc: 085216662307

4. Tanggal 11 Mei 2014 (Putra & Putri)
PONPES AL KAUTSAR AL AKBAR
Medan Sumatera Utara
> Ustaz Muhyiddin: 08126532221

5. Tanggal 15 Mei 2014 (Putra & Putri)
PONPES DARUL ILMI
Jl. Jendral Ahmad Yani Km.19,2 Kec. Lianganggang Kota Banjarbaru Kode Pos: 70722 Kalimantan Selatan. Telp. (0511)7526293, 4705430.
> Ustaz Hamdani Thayyib, MA: 081348720313, (0511)6298972
> Ustaz Irhami, Lc: 081351460004

6. Tanggal 20–21 Mei 2014 (Putra & Putri)
PONPES KAUMAN
Lasem Rembang Jawa Tengah.
> KH. M. Zaim Ahmad Ma'shoem: 081325650650
> Ustaz Munawwir: 081575564395, 082135087087

7. Tanggal 24 Mei 2014 (Putra) & 25 Mei 2014 (Putri)
PONPES DARULLUGHAH WADDA'WAH
Raci Bangil Pasuruan Jawa Timur.
> Ustaz Muh. Ali Alatas, Lc: 087885812057
> Ustaz Adnan Khasogi: 082233695296, 087740579199

8. Tanggal 01 s.d. 05 Juni 2014 (setiap hari; pukul 08.00–12.00 WIB)
KANTOR PUSAT UNIVERSITAS AL-AHGAFF DI INDONESIA
Jl. Jagasatru No. 56/193 Kota Cirebon Jawa Barat 45115
> Ali Al-Jufri: 089661515845

Materi Ujian
a) Tes Tulis: (Nahu/Saraf/Ta'bir) & Fikih.
b) Tes Lisan: Wawancara & Membaca Kitab Setingkat Fathul Qarib Syarh Taqrib.

Beasiswa
Beasiswa bagi mahasiswa Indonesia hanya diberikan untuk studi:

1.     Fakultas Syariah (putra).
2.     Fakultas Tarbiah, jurusan Kajian Islam (putri).

Bagi mereka yang telah dinyatakan lulus tes dan memenuhi syarat, akan mendapatkan beasiswa penuh berupa pendidikan, asrama dan makan (tidak termasuk izin tinggal, buku pelajaran, dan uang saku).
Untuk biaya keberangkatan, jaminan tiket kepulangan, visa (izin tinggal satu tahun pertama), terjemah ijazah dan lain-lain, calon mahasiswa dikenakan biaya administrasi sebesar USD2.500.
Selasar dan/atau musala kampus Fakultas Syariat dan Hukum Universitas Al-Ahgaff, Tarim, Hadhramaut, Yaman.
(Foto: Dok. Pribadi)

Kantor Pusat Universitas Al-Ahgaff di Indonesia
Jl. Jagasatru No.56/193 Kota Cirebon Jawa Barat 45115
Telp: (0231)203157, (Contact Person): 08122212000, 081546522000 (tidak melayani sms)

Ustaz Ali Al-Jufri: 089661515845
Ustaz Anas Junaedi: 085697714047, 087874116529.
Ustaz Fakhruddin Jamal Bandera: 081282175322, 087878955507
Ustaz Nur Wahid: 085325711383, 087781234898
Ustaz Sirajuddin Mukhtar: 085781830107
Ustaz Muhammadun: 085747071929
Website: www.ahgaff.edu
Facebook: Yayasan Al-Ahgaff Indonesia.

* Tulisan ini saya kutip dari brosur resmi Yayasan Al-Ahgaff Indonesia.

29 komentar:

  1. Informasinya lengkap, mas. barangkali ada sahabat kita yang berkeinginan sekolah di sana, bisa nyimak artikel ini.

    BalasHapus
  2. informasi yang sangat bermanfaat nihm ayo siapa yang mau ikut beasiswa ini

    BalasHapus
  3. lengkap mas infonya, bermanfaat sekali nih bagi yg ingin kuliah di Yaman, hmmm :D

    BalasHapus
  4. wah jadi pengen juga nih bisa kuliah di luar negeri, jadi lebih semangat ya mas kalau kuliah nya di negara lain karena ilmu nya banyak :)

    BalasHapus
  5. berarti uang saku nyediakan pribadiya?
    biasanya habis uang saku berapa utk satu bulan (kurs rupiah)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung orangnya, Mbak Ina. Kalau cuma buat jajan biasa, Rp500.000 per bulan sudah cukup. Jadi, kapan mau ke sini?

      Hapus
  6. Wah pngen bgt bljar dsna .. Klo biaya administrasi Ɣªήğ USD2.500 ...ituharus dibayar langsung atau bisa berkala :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau sudah dinyatakan lulus tes akan mendapat pemberitahuan (biasanya melalui sms) tenggat penyerahan berkas dan pembayaran biaya di atas (USD2.500). Kalau soal boleh dicicil atau tidak, saya kurang tahu, Mbak. Silakan hubungi saja nomor telepon di atas. Yang jelas semua itu harus dibayar sebelum batas akhir yang ditentukan.

      Hapus
  7. Wow informasi yang sangat detail dan akurat. Insya Allah akan sampaikan informasi ini buat sahabat dan para pembaca lainnya yang ada di pontianak pada khususnya dan seluruh warga kalimantan Barat pada umumnya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Kang Asep. Semoga banyak peminat dari Kalimantan, khususnya Pontianak.

      Hapus
  8. Syukron ... Atas infonya ...postingannya sangat bermanfaat sekali ...

    BalasHapus
  9. belajar di negara lain memang penuh tantangan ya mas, jadi kita bisa menimba ilmu baru di negara tersebut, seperti di yaman ini. Sebuah peluang emas apabila kita bisa memanfaatkan beasiswa ini :)

    BalasHapus
  10. Informasinya sangat bermanfaat. Keren juga beasiswanya dari universitasnya langsung & tidak dibatasi. Kesempatan nih buat teman2 yang berminat menuntut ilmu di Yaman. Boleh aku share infonya ya... Gini2 aku lulusan pesantren juga, hehe *emang nyambung yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh-boleh. Oh ya? Enggak harus lulusan pesantren lho...

      Hapus
    2. oh, gitu yah. Hanya, tesnya memang menuntut kemampuan khas santri :D. Maksudku, sudah aku share di sosmednya almamaterku. :)

      Hapus
  11. pengen tahu lebih lengkap tentang Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Al-Ahgaff, Hadhramout, Republik Yaman?
    baca di sini: http://musa-w.blogspot.com/2014/03/fakultas-syariah-dan-hukum-al-ahgaff.html

    BalasHapus
  12. O gak harus hapal sekian jus gitu ya?
    Dulu masamasa di Pesantren, banyak banget nih info beasiswa, cuma aku gak paham blas B.Arab and kitab2.... :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi nanti setelah sampai sini harus hafal 10 (sepuluh) juz.

      Hapus
  13. wah,,amazing banget nih bagi yg mau kuliah ke Yaman,,,btw bahasa sehari-harinya apa ya disana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasa pengantar saat kuliah adalah bahasa Arab. Kalau bahasa percakapan sehari-hari tergantung lawan bicaranya, Mbak. Di sini 70% orang Indonesia.

      Hapus
  14. hm, kira-kira tahun depan tesnya sama gak? dan, pendaftarannya sama gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu, Mbak. Tapi biasanya enggak jauh berbeda.

      Hapus
  15. Wah kuliah di Yaman.. sama jurusan dengan saya, sama-sama hukum. bedanya cuma uni doang, saya di Indo sedangkan kamu di luar negri..Wow!

    BalasHapus
  16. Saya Ade Syaeful Kalau pingin belajar Kitab kuning dan Nahwu shorof dan Bahasa Arab di Ponpes Buya Yahya bisa gak yah . usia saya 20 tahun mahasiswa UIN bandung . mohon arahan nya

    BalasHapus
  17. kang luthfi kalau untuk s2 universitas alahgaff ini da gk.. beasiswa maksudnya ? mohon penjelasannya saya lg cari beasiswa s2 d tmur tngah

    BalasHapus
  18. kalau mau masuk di al-ahgaff apa harus fasih berbahasa arab??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting bisa baca kitab dan memahaminya. Soal berbicara dengan bahasa Arab, tidak harus lancar banget seperti reporter, nanti bisa dilatih sambil berjalan dengan sering berinteraksi dengan orang Arab.

      Hapus

Silakan berkomentar dan tunggu kunjungan balik dari saya. Tabik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...