Pages - Menu

Selasa, 07 Juli 2015

Cangkriman Faraid

Ilustrasi gambar dipinjam dari sini.
Sebagaimana judul tulisan ini di atas, kali ini saya akan membuat tebak-tebakan kepada para pembaca tentang ilmu pembagian harta warisan dalam Islam. Tidak hanya itu, saya juga akan memberikan pulsa Telkomsel sebesar Rp25.000,00 (dua puluh lima ribu rupiah) bagi siapa pun yang berhasil menjawab dengan benar.

Nah, sebelum saya mengajukan pertanyaannya, baca dan pahamilah narasi pendek berikut dengan saksama!

* * *
Segerombolan orang hendak membagi-bagikan harta warisan di antara mereka. Tapi sebelum mereka melakukannya, tiba-tiba datang seorang perempuan yang tengah mengandung tua.

“Setop! Jangan buru-buru kalian bagi harta itu karena aku sedang hamil,” kata perempuan itu. “Jika bayi dalam kandunganku ini nanti terlahir perempuan, maka ia juga berhak mendapat bagian. Namun jika ternyata laki-laki, maka ia tidak dapat bagian sama sekali.”

* * *
Pertanyaannya sekarang adalah, siapa saja segerombolan orang dan perempuan itu?

Jawaban bisa ditulis menggunakan salah satu dari 3 akun media sosial: Google Plus, Twitter, dan Facebook. Untuk Google Plus, silakan tulis pada kotak komentar di bawah; untuk Twitter, silakan kicaukan jawabannya dengan menyebut @luuthfie dan tanda pagar #CahPulokulon; dan untuk Facebook, sila berikan komentar pada salah satu kiriman di Halaman Facebook blog ini.

Seumpama jawaban Anda keliru, Anda masih boleh berkomentar lagi berkali-kali dengan jawaban yang berbeda. Dan jika ada dua jawaban yang benar, maka yang paling dululah yang saya menangkan.

Perlu diketahui bahwa ini adalah tebak-tebakan ilmiah. Jadi jawabannya hanya ada satu, eksak, dan logis. Tidak seperti tebak-tebakan nonilmiah pada umumnya yang jawabannya terasa ambigu dan dipaksakan.

Selain memberikan jawaban, Anda juga boleh bertanya apa pun yang berkaitan dengan ilmu faraid seperti bagian masing-masing ahli waris, perkara yang menghalangi seseorang mendapatkan warisan, dan lain-lain. Insya Allah saya—atau pembaca lainnya—akan menjawabnya. Siapa tahu, pertanyaan Anda bisa memberi semacam petunjuk untuk menjawab teka-teki di atas.

Kuis ini dimulai saat tulisan ini dipublikasikan sampai waktu yang tidak ditentukan—atau ada yang berhasil menjawab dengan benar. Selamat mencoba!

17 komentar:

  1. Wuih susah. Baru denger ada kasus begini. Ikut nyimak aja deh....

    BalasHapus
  2. ko bisa ya kang. kalo anaknya perempuan dapat tapi kalo laki-laki tidak dapat. Anak siapa ini.

    bingungnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang seperti itu, Mas. Namanya juga tebak-tebakan, ya, harus membingungkan. Hehe

      Hapus
    2. kalo anak itu adalahnya yang meninggal baik laki-laki atu perempuan dapat. kalo cucu juga sama aja kalo g kehalang. ah sayamah bingungn walaupun pertanyaan nya siapa yang kumpul tapi pernytaannya itu tingkat tinggi.

      Hapus
    3. brarti yang kumpul nih tetangga kali. hahahahaha

      Hapus
    4. Bukan. Mereka bagian dari keluarga yang notabene ahli waris.

      Hapus
  3. Susah pertanyaannya. Harus bertapa dulu cari jawaban :D

    BalasHapus
  4. walah...menguras pikiranku, nih, hihihihi

    BalasHapus
  5. mashaAllah ahli waris masih ada... mas lutfi smoga umurnya berkah ms hidup manfaat sampau tua mas.... sy pernah ikut kajian.. kata ustadnya ilmu waris yg akan dicabut dulu gt mas kata beliau... wah saya nol besar mas masalah faraisss,,, mantap mas semoga ilmunya barokah y mas lutfi alhamdulillah di indonesia masih ada ahli" pembagian waris....

    BalasHapus

Silakan berkomentar dan tunggu kunjungan balik dari saya. Tabik!