Pages - Menu

Senin, 29 April 2013

Memindah Garis Pemisah Footnote


Waktu makan siang tadi, seorang di samping saya menanyakan cara memindah garis footnote dari kiri ke kanan atau sebaliknya pada program tulis Microsoft Word. Secara kebetulan, orang lain di sebelah saya juga menanyakan hal yang sama tadi malam. Entah untuk kesekian kalinya saya mendapat pertanyaan serupa. Apalagi saat-saat pengerjaan bahets seperti sekarang ini. Bahkan suatu ketika saya pernah diundang secara spesifik ke Kantor Asosiasi Mahasiswa Indonesia Al-Ahgaff hanya ditanya mengenai hal ini.

Saya meyakini masih banyak teman-teman mahasiswa Indonesia di Universitas Al Ahgaff yang belum mengetahui hal ini. Kebanyakan dari mereka yang bertanya adalah jika dalam komputernya garis tersebut secara otomatis berada di kiri. Sementara jika tulisannya menggunakan huruf Arab, maka idealnya di sebelah kanan. Sebagain lain (yang pengaturan komputernya secara otomatis menempatkan garis footnote di sebelah kanan) lebih memilih diam karena itu sudah sesuai kehendak mereka. Dari sini dapat diketahui bahwa pertanyaan mereka semata-mata untuk 'mengatasi' bukan didorong rasa 'ingin tahu'.

Untuk Office 2007 dan versi setelahnya, caranya adalah klik menu View lalu pilih Draft. Kemudian klik menu References, lalu klik Show Notes, kemudian pada Combo Box di bagian bawah pilih Footnote Separator. Setelah itu, rubahlah pengaturan alignment (penjajaran baris) menjadi Right (kanan) atau melalui jalan pintas dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + R. Kemudian kembalikan tampilan seperti semula melalui View lalu Print Layout.

Sedangkan untuk Microsoft Office 2003, langkah-langkah yang ditempuh tidak jauh berbeda. Hanya saja, setelah mengubah tampilan dari rancangan halaman (Page Layout) menjadi Normal (pada Office 2007 memakai istilah Draft) ada sedikit perbedaan. Untuk mengubah tampilan, caranya adalah klik menu View lalu Normal, kemudian View lagi lalu Footnotes. Setelah itu sama seperti di atas.

Selesai. Semoga berguna.

2 komentar:

Silakan berkomentar dan tunggu kunjungan balik dari saya. Tabik!