Pages - Menu

Selasa, 30 April 2013

Paradigma Pendidikan Formal


"Kalian baru masuk semester satu, tapi nilainya buruk sekali. Memang, keilmuan seseorang tidak dapat diukur melalui angka nominal sebuah nilai, namun terkadang nilai juga bisa mengukur keilmuan seseorang. Belajarlah yang rajin!"

Kalimat di atas merupakan pesan singkat dari guru kami, KH Habibul Huda, ketika mengetahui hasil ujian teman-teman yang kurang maksimal. Pesan tersebut dikirim ketika kami baru setengah tahun tinggal di negara Yaman.
Saya pribadi, yang sejak kecil memang tidak pernah duduk di bangku sekolahan, tidak terlalu risau menanggapi hal itu. Bertahun-tahun di pondok pesantren, saya tidak pernah dihadapkan dengan situasi persaingan nilai seperti di sini. Hal itu wajar, karena di pesantren yang lebih ditekankan adalah substansi bukan formalisasi.
Di satu sisi, saya senang karena merasa diperhatikan, namun di sisi lain merasa tertekan jika dituntut untuk selalu mendapat nilai tinggi.
Semua orang -dengan segala keterbatasannya- tentu menginginkan nilai yang baik, namun jika nilai baik itulah yang kemudian menjadi prioritas utama maka yang selalu terbayang dalam pikiran ketika belajar adalah, "apakah permasalahan ini nanti masuk dalam so'al ujian?" atau "kira-kira soalnya seperti apa ya?" atau bahkan "bab ini tidak diujikan, jadi tidak usah dibaca, tidak paham pun juga tidak jadi masalah".
Lebih naifnya lagi, ada sebagian orang yang hanya cukup mempelajari lembaran soal-soal tahun lalu, karena biasanya yang diujikan tidak beda jauh dengan sebelumnya dan cara itu dianggap lebih efektif dari pada harus membaca 'naskah kuno' yang tentunya lebih bertuah dan memberi banyak faedah.
Pernah suatu ketika, saya didatangi seorang teman untuk diajak belajar bersama mengingat waktu ujian yang semakin dekat. Namun ternyata, setelah sang ustadz memberi batasan, pokok-pokok pembahasan yang telah kami pelajari berdua banyak yang tidak diikutkan dalam ujian. Anehnya, saya justru melihat kekecewaan di raut muka teman saya tadi. Seolah-olah merasa percuma menerima maklumat yang tidak akan diujikan. Seandainya tidak ada ujian, mungkinkah dia akan tetap mengajak belajar?
Dalam konteks inilah, formalisasi pendidikan terlihat jelas tidak didorong oleh motivasi belajar yang sebenarnya. Kesadaran spiritual akan mengendalikan manusia untuk menempuh jalan mana yang akan dia lalui.
Formalisasi pendidikan bukanlah tujuan, tetapi jalan. Jika jalan yang seharusnya digunakan sebagai sarana kemudian diubah dan diyakini sebagai tujuan, para penempuh jalan hanya akan berjalan di tempat.
Namun demikian, adanya formalisasi pendidikan juga memberi dampak positif dalam diri manusia. Jika bukan karena ingin mendapat sertifikasi sanad, saya mungkin tidak akan hafal seribu bait Alfiah Ibnu Malik. Jika bukan karena 'angka keramat' itu, tentu saya tidak dapat menikmati belajar di kota Tarim ini. Jika bukan karena lembaran ijazah itu, tentu para sarjana tidak dapat menduduki kursi-kursi pemerintahan. Bahkan mungkin, hanya ada satu dari seribu orang yang benar-benar mempunyai gairah untuk belajar jika sistem pendidikan tidak diformalkan.
Mungkin sangat tepat jika formalisasi pendidikan dianalogikan sebagai ilmu syari'at, sementara substansinya adalah  ilmu hakikat dimana integrasi keduanya tidak bisa dipisahkan satu sama lain.
Para ulama' jaman dulu mengibaratkan ilmu syariat sebagai menyelami samudra yang dalam, sementara ilmu hakikat adalah mengambil mutiara yang terkandung di dalamnya. Manusia tidak bisa langsung mengambil mutiara tersebut tanpa punya keahlian ilmu menyelam, bahkan keahlian menyelam saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan ilmu-ilmu yang lain, seperti pengetahuan tentang keadaan cuaca, kedalaman air dan lain-lain. Jadi, menyelami samudra merupakan keniscayaan yang tidak bisa ditinggalkan.
Semoga dalam masa penyelaman itu, kita tidak terpesona dengan keindahan panorama alam bahari dan masih ingat dengan tujuan semula yaitu mengambil mutiara-mutiara indah di dasar sana.
Sekiranya tulisan ini bisa menjadi motivasi bagi mereka yang masih mempunyai semangat untuk terus belajar secara mandiri dan profesional.


Sumber foto :  Google Images

4 komentar:

  1. syukron atas motivasinya.
    memang terkadang kita hanya belajar tuk materi2 yg akan diujikan, apalagi jika waktu ujian sudah mepet. sebab hanya lulus dalam ujian itu yg bisa menjamin kita bisa meneruskan belajar di tarem. jika tidak, bisa2 kita di DO. ini khusus bagi mahasiswa al-ahgaf.
    makanya kita pun mulai kembali menata niat kita kembali, tidak apalah untuk hanya belajar materi2 yg akan d ujikan jika sdh mepet waktunya. tapi dg niat kita berusaha menyenangkan ustadz/dosen dg memberi kepuasan bagi mereka bahwa kita menguasai pelajaran yg beliau sampaikan, dan tentu beliau agak gundah jika nilai kita kurang memuaskan. dan ujian ini pula kita niati sbg contoh pertanyaan masyarakat awam, dan bagaimana cara kita menjawabnya dg sempurna.
    tapi ketika tidak dalam masa2 ujian, lebih baik kita beristifadah sebanyak mungkin, sebab kebutuhan dalam bermasyarakat pun berbeda2 dg segala problematikanya.
    dengan niat mencari ridho Allah subhanahu wa ta'ala.
    salut untuk penulis.
    semoga sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika dilihat dari penggunaan kata ganti pertama (kita), sepertinya ini adalah salah satu teman di Ahgaff. Siapa, ya? Salam.

      Hapus
  2. sekarang menjadi terbalik. sekolah wajib tapi belajar tidak wajib padahal yang wajib adalah belajar sedangkan sekolah tidak wajib hanya sebagai sarana

    BalasHapus

Silakan berkomentar dan tunggu kunjungan balik dari saya. Tabik!