Pages - Menu

Rabu, 23 Juli 2014

The Liebster Award: Ajang Silaturahmi Sesama Blogger



Logo The Liebster Award diambil dari sini.

Semula saya enggan membuat postingan semacam ini, karena di samping belum tahu tata caranya, “estafet” The Liebster Award ini saya kira hanya ditujukan kepada blogger muda dan pemula, meski sebenarnya saya masih tergolong pemuda pemula jika dibandingkan dengan para blogger senior. Namun, karena makin banyaknya permintaan dari teman-teman dan saya melihat ada juga blogger kondang yang mau meluangkan waktunya untuk berbagi melalui award ini, akhirnya saya bersedia.

Apa saja yang harus dilakukan?

Seperti yang sudah diketahui, yang harus saya lakukan adalah, pertama, memublikasikan The Liebster Award ini di blog. Kedua, mengucapkan terima kasih kepada blogger yang telah memberikan award ini—dalam hal ini saya berterima kasih kepada Adi Pradana, Sofia Zhanzabila, Aas Nuraisiyah, dan Puti Ayu Amatullah. Ketiga, menceritakan 11 hal tentang diri sendiri. Keempat, menjawab 11 perrtanyaan yang diberikan. Kelima, memilih 11 blogger lain dan memberikan mereka 11 pertanyaan tentang apa pun yang ingin diketahui dari mereka.

Sebelas hal tentang saya: (1) lahir pada hari Selasa, 27 Desember 1988 di daerah Pulokulon; (2) anak pertama dari tiga bersaudara; (3) berkulit cokelat; (4) bisa berteman dengan siapa saja; (5) tidak suka berbohong dan dibohongi; (6) pencinta bahasa Indonesia; (7) suka makan kepala ikan; (8) tidak lulus SD tapi—berkat pertolongan dari Allah—bisa kuliah di negara orang; (9) memunyai banyak julukan; (10) enggak suka makanan yang asin; (11) suka menyendiri sambil minum teh/kopi ketika sedang frustrasi.

Selanjutnya, yang keempat, menjawab 11 pertanyaan dari sahabat narablog. Karena ada 4 blogger yang memberikan award ini, maka dengan demikian saya harus menjawab 44 pertanyaan sekaligus!


Pertanyaan dari Mas Adi Pradana:
1. Sejak kapan anda nge-blog?
2. Apa manfaat dari nge-blog menurut anda?
3. Pernah mengalami hal bahagia atau sedih saat nge-blog?
4. Tuliskan 3 tempat impian yang ingin anda kunjungi beserta alasannya!
5. Tuliskan pencapaian apa yang ingin anda dapatkan di tahun ini?
6. Buku atau film yang menjadi inspirasi anda selama ini?
7. Apa hobi anda?
8. Siapa orang yang menjadi inspirasi anda?
9. Momen paling bahagia anda selama ini?
10. Momen paling sedih anda selama ini?
11. Dua hal yang menggambarkan tentang anda?

Jawabannya: (1) Juni 2009; (2) menambah relasi dan pengetahuan; (3) yang paling menyedihkan saat ngeblog itu ketika jaringan internet lambat; (4) Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjidil Aqsa, karena keistimewaan tiga masjid tersebut dibandingkan masjid-masjid lain di muka bumi; (5) lulus kuliah dan menikah; (6) The Da Vinci Code; (7) bermain sepak bola; (8) KH Abdul Wahid Zuhdi; (9) saat membawa tim sepak bola PPJJ juara AMI Football Cup; (10) saat merasa bersalah kepada orang lain; (11) jujur dan ramah.

* * *
Pertanyaan dari Mbak Sofia Zhanzabila:
1. Siapa tokoh (novel, komik, atau film) yang paling kamu suka?
2. Lagu yang paling disukai?
3. Negara yang ngebet banget pengin dikunjungi?
4. Cinta pertamanya di umur berapa?
5. Apa sih yang ada dalam benak kalian tentang Turki?
6. Suka bunga tulip enggak?
7. Blogger traveler paling menginspirasi?
8. Kalau punya anak cowok, pengin dikasih nama apa?
9. Dalam sehari, berapa kali kamu mengupil?
10. Merek laptopmu sekarang?
11. Nomor sepatu berapa, ya?

Jawabannya: (1) Deddy Mizwar; (2) dangdut lawas; (3) Maroko; (4) enggak ingat; (5) Istanbul; (6) suka; (7) Keluarga Pelancong; (8) belum terpikirkan; (9) tak terhitung, he-he; (10) Sony VAIO; (11) empat puluh tiga.

* * *
Pertanyaan dari Mbak Aas Nuraisiyah:
1. Buat kamu menulis itu penting enggak sih? Jelaskan alasannya!
2. Suka menulis sejak kapan? Cerita sedikit boleh dong, he-he.
3. Setelah orang tua, siapa orang penting dalam hidupmu? Kenapa?
4. Suka seseorang karena apa?
5. Buku atau film yang memotivasi? Jelaskan alasannya!
6. Pencapaian apa yang akan dicapai 20 tahun ke depan buat kamu?
7. Tempat yang pengin kamu datangi? Jelaskan alasannya!
8. Apa pendapatmu tentang tulisan-tulisan @aasnuraisiyah?
9. Apa saja suka duka selama ngeblog?
10. Apa motivasi terbesar dalam hidup kamu?
11. Momen paling sedih dalam hidupmu dan momen paling bahagia di hidupmu?

Jawabannya: (1) penting, karena menulis adalah salah satu cara kita untuk berbagi; (2) semenjak belajar menulis; (3) teman-teman, karena merekalah orang-orang yang paling dekat setelah orang tua; (4) kejujurannya; (5) Laskar Pelangi, karena diangkat dari kisah nyata di Indonesia; (6) memberangkatkan kedua orang tua ke Tanah Suci; (7) Mekkah dan Madinah untuk menjalankan ibadah haji dan umrah; (8) belum bisa berkomentar banyak (maaf, ya); (9) sukanya banyak teman baru, dukanya kalau jaringan sedang lambat; (10) sebaik-baik orang adalah yang paling berguna bagi orang lain; (11) paling sedih ketika lebaran enggak bisa kumpul sama keluarga dan yang paling bahagia, antara lain, saat kumpul bareng di kolam renang.

* * *
Pertanyaan dari Mbak Puti Ayu Amatullah:
1. Apa rasanya menjadi kakak/adik/anak tunggal? (Enak dan enggak enaknya)
2. Siapa idola kalian? Kenapa mengidolakannya?
3. Bagi kalian, menulis itu apa?
4. Komunitas apa saja yang masih aktif kalian jalani?
5. Menurut kalian, passion itu apa? Perlu enggak?
6. Kado apa yang pernah kalian kasih ke keluarga (ibu/bapak/saudara)? Alasannya?
7. Kalau buka handphone, menu apa yang kalian buka terlebih dahulu?
8. Apa pendapat kalian tentang orang yang sering update status?
9. Benda apa yang termahal yang pernah kalian punya?
10. Musik yang menginspirasi kalian apa?
11. Sebutkan satu kata yang menggambarkan kalian!

Jawabannya: (1) jadi kakak enaknya bisa menyuruh mencucikan pakaian, enggak enaknya kalau terpaksa harus mengalah; (2) Rektor Universitas Al-Ahgaff, Profesor Habib Abdullah Muhammad Baharun, karena beliau (lebih) tahu tentang permasalahan-permasalahan yang sedang, atau akan, dihadapi bangsa Indonesia dan beliau lebih memperhatikan kemaslahatan mahasiswa Indonesia di Yaman melebihi perhatiannya kepada keluarganya sendiri; (3) berbagi ilmu dan pengalaman; (4) Paguyuban Pelajar Jawa Tengah dan Jogjakarta di Yaman (PPJJ Yaman), Asosiasi Mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Ahgaff (AMI Al-Ahgaff), dan Warung Blogger; (5) passion ialah—sebagaimana penjelasan dalam kamus—keinginan besar, dan menurut saya itu perlu tapi harus realistis, tidak usah berlebihan; (6) sampai sekarang belum pernah memberi kado (di kampung tempat tinggal saya tidak ada tradisi memberi kado kecuali pada acara pernikahan); (7) pesan masuk atau program Opera Mini; (8) orang yang merasa dirinya paling eksis di dunia maya; (9) komputer jinjing merek Sony VAIO seharga $320; (10) sejauh ini belum ada; (11) kasual.

* * *
Sekarang saatnya saya mengajukan 11 pertanyaan dan memilih 11 blogger untuk melanjutkannya. Berikut kesebelas pertanyaan itu:
1. Berapa usia yang paling ideal untuk menikah (laki-laki & perempuan)?
2. Pendidikan terakhir kalian apa?
3. Di antara semua anggota keluarga, siapa yang paling akrab?
4. Menurut kalian, media (situs berita) yang netral dan independen itu apa?
5. Jika kebetulan saya lewat, bolehkah saya mampir ke rumah kalian?
6. Tuliskan kutipan favorit kalian untuk motivasi menulis!
7. Di mana tempat paling jauh yang pernah kalian kunjungi?
8. Siapa blogger yang sering mengunjungi blog kalian?
9. Menikah muda atau fokus dulu pada karier?
10. Apa yang membuat kalian bangga menjadi warga negara Republik Indonesia?
11. Apa yang kalian lakukan ketika sedang galau?

Dan kesebelas blogger yang saya beri award ini adalah (1) Arief Wibowo, (2) Ocha Rhoshandha, (3) Puja Putri, (4) Lidya Fitrian, (5) Ana Fauziah, (6) Achmad Suraji, (7) Nunu el-Fasa, (8) Richo A. Nugroho, (9) Radhian Nur R., (10) Emi Syofyan, (11) Happy Fibi.

Jika pembaca sekalian—khususnya sebelas nama di atas—sudah membuat postingan serupa, silakan taruh link-nya di kotak komentar, insya Allah akan segera saya kunjungi. Atau jika tak punya waktu untuk menuliskannya, paling tidak, silakan jawab (salah satu) pertanyaan dari saya tersebut di kotak komentar. Atau jika masih tak sempat juga... tak jadi masalah. Yang terpenting, silaturahmi di antara kita senantiasa terjaga.

22 komentar:

  1. Ciee, tampilan baru, Mas, uhuy. lebih seger, hhehe. seru juga nih yah, estafet. selamat yang mendapatkan awardnya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. He-he. Tapi masih berantakan, Mas. Saya malah pengin berguru sama sampean tentang tata cara mengganti template.

      Hapus
  2. Wah :D. Terimakasih, mas, sudah dikasih liebster award :D. Estafetnya ini saya bingung ke siapa :(, jarang BW :" .

    Langsung saya kerjakan, mas. Salam silahturahmi ^ ^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan senang hati. Dikasih ke "semua pembaca" saja :)

      Hapus
  3. Dapetnya borongan nih hehe, empat langsung aku aja baru dua huhu. Suka bgt sama motivasinya, sebaik-baiknya orang adalah mereka yang berguna bagi orang lain:))

    Salam dari Galassia del Sogno

    BalasHapus
    Balasan
    1. He-he, iya. Jadi mau diborong sampai berapa, Mas?

      Hapus
  4. Makasih mas udah mw nerima liebster awardnya

    BalasHapus
  5. Ngerangkep pr nyaaa... Eh dapet horeeeee

    BalasHapus
  6. Iya,,semuanya dirangkep ama mas Lutfi,,,sekalian selesai ya tongkat estafetnya,,,

    BalasHapus
  7. Waaa...dapet pertanyaan banyak banget ya, Mas? Hihihi...

    BalasHapus
  8. wah namaku salah tuh. bukan Rabhian -_- tapi Radhian..
    bulan depan aja ya saya balasnya.. bulan ini udah dapet soalnya haha

    BalasHapus
  9. hmmm, jadi pembaca dulu. belum pede, Mas... hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ijinkan coba akan aku jawab sebelas pertanyaanya di kotak komentar ini, ya, Mas...

      1- Untuk laki-laki idealnya usia 25 tahun, untuk perempuan 20 tahun. Pandangan subyektif.

      2- Pendidikan formal cuma sampai SMP.

      3- Ibu.

      4- Kompas

      5- Monggo, pintu rumah selalu terbuka.

      6- Menulis sebagai terapi jiwa.

      7- Jogja dan Solo.

      8- Blogger yang sering mengunjungi blogku justru sampean sendiri Mas Luthfi.

      9- Menikah muda yang penuh tanggung jawab insyaallah ikut mendongkrak rezeki, termasuk di dalamnya karier.

      10- Tanah tempat seribu waliyallah.

      11- Memilih mengasingkan diri.

      Hapus
    2. Komplet sekali jawabannya. Terima kasih, Mas.

      Hapus
  10. Sudah menyimak. Maaf baru berkunjung lagi Mohon maaf lahir batin ya :D

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. Terima kasih, Mbak Ica Elriyashi. Tapi saya masih mas, belum menjadi pak, he-he.

      Hapus

Silakan berkomentar dan tunggu kunjungan balik dari saya. Tabik!